Selasa, 22 April 2014

Hal-hal umum mengenai aquaponik :



  1. Aquaponik adalah suatu cara untuk menanam dan memelihara ikan dalam satu sistem yang saling berhubungan. Kotoran ikan digunakan tanaman sebagai pupuk setelah sebelumnya dirombak oleh 2 kelompok mikroba yaitu kelompok Nitrosomonas yang merombak Amonia menjadi Nitrit dan Nitrospira yang merombak Nitrit menjadi Nitrat yang dapat diserap tanaman sebagai nutrisi.
  2. Dengan sistem aquaponik,  tanaman yang dihasilkan akan lebih subur dan ikan yang dipelihara juga lebih sehat (dengan cacatan apabila sistem yang dibangun berjalan seimbang sehingga membentuk siklus yang alami).
  3. Sistem aquaponik yang baik bisa dipantau dari ikan yang dipelihara, yaitu bila ikan berenang-renang dengan gesit dan selera makannya tinggi. Tanaman yang ditanam terlihat hijau dan kekar.
  4. Untuk membangun sistem yang baik perlu diperhatikan pH air (gunakan air hujan sebagai yang terbaik), sistem pasang surut yang sempurna, ratio yang sesuai antara ikan yang dipelihara dengan jumlah tanaman. Pemberian pakan ikan harus diperhatikan agar tidak berlebihan sehinnga dapat meningkatkan kadar amonia (bersifat racun bagi ikan dan tanaman) yang melebihi batas.



Lima ekor ikan ( Nila, Lemon, Bandeng) , ada yang bersembunyi di bawah bata.

 Tanaman markisa yang tumbuh subur (berasal dari benih yang disebar di permukaan media tanam.
  
Tanaman markisa umur 3 bulan.





Kangkung dan pepaya dalam satu wadah. Kangkung dapat dipanen 2minggu sekali.



Tanaman cabai rawit yang berbunga setelah 2 bulan.




Unit aquaponik yang digunakan.
Posting Komentar