Senin, 12 Mei 2014

SISTEM PASANG SURUT
PADA AQUAPONIK

        Sistem pasang surut merupakan unsur vital dalam sistem aquaponik karena perannya sebagai penyirkulasi larutan dan penyedia oksigen terlarut dalam larutan sehingga kehidupan ikan, tanaman, dan mikroba perombak ammonia terjaga kesehatannya.


Di bawah ini adalah gambaran mengenai hubungan antara ikan, tanaman, dan mikroba yang saling menguntungkan.




Ada 3 macam sistem pasang surut pada aquaponik yaitu :

1.    Sistem loop .

Sistem ini menggunakan selang  yang dibuat membentuk lengkungan sehingga air yang melaluinya dapat tersedot sampai habis, untuk kemudian terisi lagi.

Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link di bawah ini :



2. Sistem U terbalik :

Sistem ini sebenarnya mirip dengan sistem loop  hanya saja karena menggunakan pipa paralon yang tidak fleksibel seperti selang maka bentuknya dibuat seperti U terbalik.

Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link di bawah ini :






3. Sistem Afnan’s Siphon.

Sistem ini menggunakan kombinasi paralon besar yang di dalamnya dimasukkan paralon yang lebih kecil sebagai penguras air.  Gambar di bawah ini akan lebih memperjelas :






Untuk lebih rinci anda dapat mengakses link dibawah ini :




Dari pengalaman saya yang paling bagus adalah sistem Afnan’s Siphon yang ditemukan Afnan (penggiat aquaponik di  Malaysia).
Saya telah mencoba system  U siphon tetapi lama kelamaan siphon ini akan terganggu kerjanya karena terbentuk lapisan biofilm yang berupa lendir yang menempel pada dinding saluran siphon yang berakibat pada tersendatnya jalan air. Kalau hal ini terjadi akan sukar membersihkannya . Selain itu  system U terbalik ini dari pengalaman saya sudah terjadi ketersendataan setelah 2 bulan, sedangkan system Afnan Siphon sampai saat ini belum pernah tersendat.








Demikianlah penjelasan mengenai system pasang surut, semoga dapat membantu anda yang akan memulai perakitan system aquaponik.

|Selamat ber- Aquaponik-ria.









































Posting Komentar