Rabu, 20 Agustus 2014

SENANGNYA MENIKMATI HASIL AQUAPONIK


Sobat aquaponik mari kita membangun sistem aquaponik di rumah kita agar kita bisa memperoleh hasil sayur dan buah yang lebih lezat dan lebih sehat dibandingkan dengan yang dibeli di pasar. Berikut ini adalah pengalaman saya menikmati hasil panen aquaponik  :

  • Kangkung.
Kangkung hasil aquaponik sungguh beda dengan yang dibeli di pasar.  Kangkung hasil aquaponik setelah dimasak terasa lembut namun batangnya terasa kresss sewaktu dikunyah. Istri saya menumisnya dengan bawang putih dan rasanya sungguh lezat, kuahnya terasa manis. Dari tampilannya hasil tumisan terlihat berwarna hijau cerah dan tetap hijau walaupun telah didiamkan setengah harian. teman saya yang kebetulan bertamu juga ikut menikmatinya dan katanya kelezatannya 10 x dari yang biasa dia makan. 









  • Seledri.
Daun seledri sudah sering dipanen untuk campuran bumbu masak dan irisannya untuk ditaburkan di sop. Tidak ada yang lebih enak selain menggunakan seledri yang langsung dipetik dari unit aquaponik. Tetapi ada yang agak menyedihkan karena baru-baru ini tanaman seledri terkena penyakit layu dan busuk sehingga saya harus menanam dari awal lagi. Bagi pembaca yang bisa membantu saya untuk mengatasi penyakit layu busuk ini mohon kiranya memberi masukan.



Foto di  bawah ini adalah tanaman seledri yang terserang penyakit layu dan busuk.





  • Melon.
Buah melon terpaksa dipanen lebih awal karena tanaman keburu mati akibat diserang hama tungau. Kalau ada dari pembaca yang punya solusinya saya sangat berterima kasih bila diberi masukan.
Buah melon yang saya panen dagingnya masih keras karena belum masak, tetapi rasanya sudah mulai manis, dan unuknya rasa manisnya bertahan lebih lama di mulut.







Berikut ini adalah tanaman lainnya yang sedang saya tunggu untuk dinikmati :


  • Caisim.
Tanaman caisim yang saya tanam dari sisa dapur sudah berbunga dan saya mengharapkan untuk mendapatkan bijinya untuk digunakan sebagai benih.






  • Kedelai.
Tanaman kedelai sudah menghasilkan polong dan kalau sudah menguning akan saya panen. Sudah tidak sabar ingin merasakannya, karena tentu akan berbeda dengan yang dari pasar.





  • Pepaya.
Buah pepaya saat ini masih hijau dan masih kecil, sedang ditunggu sampai matang, dan tentu rasanya beda dengan yang dari pasar.




Sekian dulu tulisan saya, sampai jumpa di lain entri. terima kasih sudah mampir.

Tidak ada komentar: