Senin, 16 Februari 2015

KONDISI  TANAMAN PADA SISTEM AQUAPONIK


Salam jumpa lagi para penggemar aquaponik, kali ini saya ingin menampilkan kondisi tanaman aquaponik setelah beberapa bulan saya tidak meng-update-nya berhubung ada kesibukan lain.

Dari pengamatan saya ternyata  semakin tua umur sistem maka tanaman akan semakin subur karena proses mineralisasi sudah berjalan dengan baik. Butuh waktu minimal 1 tahun agar sistem menjadi subur.  Saat ini sistem saya telah berumur 1,5 tahun. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan ikan tidak berlebihan dan pH air dijaga agar tidak kurang dari 5 atau lebih dari 8, dan  paling baik kalau bisa  dikisaran 7. Semakin mataure sistem maka suplemen dari luar seperti Fe, Ca, dan K semakin berkurang dan malah bisa tidak diperlukan lagi.

Berikut adalah foto-foto tanaman pada unit aquaponik :














Demikianlah sekilas gambaran kondisi tanaman pada sistem aquaponik yang saya bangun, semoga dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk ber-aquaponik



Tidak ada komentar: