Jumat, 28 Agustus 2015

KELOR PADA SISTEM AQUAPONIK

Sobat aquaponik mungkin pernah mendengar ungkapan "Dunia Tidak Selebar Daun Kelor" dan adanya kepercayaan bahwa orang yang punya ilmu kebal akan luruh ilmunya bila dikibas dengan daun kelor. Hal ini menandakan bahwa tanaman kelor sudah dikenal keistimewaannya oleh  nenek moyang kita sejak dulu kala. 

Pada dunia sains ternyata kelor juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Menurut Natural News  daun kelor memiliki banyak manfaat karena :

  1. Memiliki 46 jenis antioksidan termasuk di dalamnya vitamin A dan C. Antioksidan membantu tubuh untuk menetralisir bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh, sehingga memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit seperti kanker.
  2. Kaya akan asam amino karena terdiri dari 18 macam asam amino. Asam amino diperlukan untuk membentuk otot, tulang,  tulang rawan, enzim, kulit, darah, dan hormon. Asam amino yang terkandung pada kelor dapat menggantikan asam amino yang berasal dari daging sehingga sangat cocok untuk vegetarian.
  3. Kandungan Magnesium dan Kalsium sangat tinggi yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi sehingga mencegah terjadinya kropos tulang.
  4. Kandungan nutrisinya terdiri dari 90 jenis, dengan kadar yang tinggi seperti Kalsium yang 4 kali lebih tinggi daripada susu, Kalium yang 4 kali lebih tinggi daripada pisang, vitamin A yang 4 kali lebih tinggi dari  wortel, vitamin B3 yang 50 kali lebih tinggi daripada kacang, Magnesium yang 36 kali lebih tinggi dripada telur, dan zat besi yang 25 kali lebih tinggi daripada bayam. Selain itu juga mengandung serat, yodium, lutein, zink, selenium, zeatin dan beta-karoten.
  5. Biji kelor memiliki kualitas yang setara dengan minyak zaitun. Minyak biji kelor yang disebut Ben Oil tidak bisa mengering dan bubuk daun kelor tidak mudah busuk sehingga keduanya cocok digunakan sebagai bekal untuk berpetualangan sebagai sumber pangan yang kaya gizi
  6. Sumber gizi untuk meremajakan kulit karena mengandung mineral penting. saat ini semakin banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan campuran kelor pada krim dan lotion untuk kulit.
Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan membuat tekanan darah normal, pencernaan lancar, daya tahan tubuh meningkat, dan mengurangi kelebihan berat badan.

Nah kembali kepada tema utama kita , aquaponik, tanaman kelor dapat tumbuh subur pada sistem aquaponik yang memiliki kandungan Nitrat dan Fe yang memadaai. Kekurangan N dan Fe ditandai dengan menguningnya daun baik pada daun muda maupun daun tua.

Di bawah ini saya tampilkan foto  tanaman kelor yang saya tanam pada unit aquaponik. tanaman ini berusia 1 tahun lebih dan sudah mengalami 2 kali masa kritis akibat sistem dimatikan selama lebih dari 2 minggu karena  saya pergi ke luar kota.


 


Posting Komentar